Tema 6 Subtema 1 Kelas 5 muatan PKN dan IPS

 Assalamu’alaikum Warrahmatulloh Wabarokatuh 

Hai Shobat ceria😇😇 dimanapun kalian berada. Apa kabar semua? Semoga shobat ceria beserta keluarga senantiasa dalam lindungan Alloh SWT. Aamiin. 😀😀😀

Mari sebelum kita mulai pembelajaran kali ini, kita mulai dengan berdoa terlebih dahulu 



Materi Tema 6 Kelas 5 Subtema 1

Pada subtema 1 Suhu dan kalor terdapat beberapa muatan pelajaran di dalamnya. Untuk lebih jelasnya bisa shobat ceria  baca dan pahami pemetaan KD nya di bawah ini.

  • PPKn : hak, kewajiban, dan tanggung jawab sebagai warga dalam kehidupan sehari hari.
  • IPS : bentuk bentuk interaksi sosial di lingkungan masyarakat.

INTERAKSI MANUSIA DAN LINGKUNGAN ALAM

Shobat cderia yang sholeh dan sholehkah tentu tahu kita sebagai manusia memanfaatkan lingkungan untuk kepentingan guna mendapatkan manfaat. Apa sajakah tujuan manusia berinteraksi dengan lingkungan alam? Apa sajakah dampak positif dan negatif dari interaksi tersebut? Mari kita simak.

Lingkungan manusia terdiri dari lingkungan alam dan lingkungan masyarakat. Lingkungan alam terdiri dari makhluk hidup dan benda mati. Makhluk hidup bisa mempengaruhi benda mati, sebagai contoh daerah yang banyak pepohonannya akan menjadikan daerah tersebut menjadi sejuk.

Beberapa tujuan manusia berinteraksi dengan lingkungan alam, antara lain:

a. untuk memenuhikebutuhan.

b. mendapatkan makanan.

c. mempertahankan hidupnya.

 Lingkungan hidup manusia terdiri atas lingkungan alam, lingkungan sosial, budaya dan ekonomi.

1. Interaksi Manusia dengan Lingkungan Alam

Lingkungan alam terbentuk secara alami tanpa campur tangan manusia. Lingkungan alam terdiri dari komponen biotik dan abiotik. Pada awalnya manusia beradaptasi dengan cara pengumpul-berburu, kemudian perladangan-perkebunan, hingga peternakan. Kemudian berkembang pertanian intensif, dan industri.

2. Interaksi Manusia dengan Lingkungan Sosial

Interaksi atau hubungan saling mempengaruhi antarmanusia disebut sebagai proses sosial. Proses sosial ini terjadi antara orang perorangan, antara kelompok manusia ataupun perorangan dengan kelompok manusia.

Faktor yang mendorong proses interaksi sosial, antara lain:

a.Faktor imitasi (peniruan) yaitu seseorang mencontoh orang lain atau kelompok.

b. Faktor sugesti yaitu pengaruh yang dapat menggerakan hati orang.

c. Faktor identifikasi yaitu kecenderungan atau keinginan dalam diri seseorang untuk menjadi sama dengan orang lain.

d. Faktor simpati yaitu suatu proses ketika seseorang tertarik kepada orang lain.

3. Interaksi Manusia dengan Lingkungan Budaya

Dalam kehidupan bermasyarakat, manusia beradaptasi dengan lingkungan termasuk dalam hal perilaku, aturan, nilai, norma, kepercayaan, dan adat istiadat yang berlaku dilingkungan tersebut.

4. Interaksi Manusia dengan Lingkungan Ekonomi

Manusia melakukan aktivitas ekonomi dengan memanfaatkan sumber daya ekonomi yang tersedia. Sumber daya yang dimanfaatkan antara lain sumber daya alam (lahan, tambang, hewan, tumbuhan dan sebagainya), tenaga kerja, modal dan kewirausahaan.

 Interaksi antara manusia dengan lingkungan alam terkadang mengakibatkan hal yang negatif. Berikut ini dampak negatif dari interaksi manusia dengan lingkungan alam, antara lain:

a. lingkungan alam menjadi rusak.

b. menyebabkan bencana alam.

c. keseimbangan ekosistem terganggu.

d. berubahnya permukaan bumi.

e. pencemaran lingkungan

 Berikut ini contoh interaksi manusia dengan alam yang dapat menimbulkan kerugian pada lingkungan maupun manusia sendiri:

a. membuang sampah sembarangan.

b. melakukan penembangan hutan secara liar.

c. melakukan pemburuan liar.

d. melakukan pembakaran hutan.



Hak, Kewajiban, dan Tanggung Jawab sebagai Warga Negara 

Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) mengesahkan Konvensi Hak Asasi Anak pada tanggal 20 November 1989. Dalam konvensi hak asasi anak memuat tentang hak hak seorang anak, di antaranya:

a. Hak kelangsungan hidup, hak ini meliputi hak melestarikan dan mempertahankan hidup.

b. Hak perlindungan, hak perlindungan dari diskriminasi, eksploitasi, kekerasan dan ketelantaran.

c. Hak tumbuh kembang, hak mendapatkan memperoleh pendidikan dan mencapai standar hidup yang layak bagi perkembangan mental, fisik, moral dan spiritual.

d. Hak berpartisipasi, hak menyampaikan pendapat dalam segala hal mempengaruhi anak.

Menurut Peraturan Perintah No. 28 Tahun 1990 mengenai hak seorang siswa adalah hak untuk :

a. memperoleh perlakuan sesuai bakat, minat dan kemampuannya.

b. mendapatkan pendidikan agama sesuai dengan agama dan kepercayaannya.

c. mengikuti program pendidikan yang berdasarkan atas pendidikan berkelanjutan.

d. memperoleh bantuan fasilitas belajar, beasiswa dan bantuan yang lain sesuai syarat yang berlaku.

e. memperoleh penilaian hasil belajar.

Menurut KBBI, kewajiban berasal dari kata wajib yang mempunyai arti segala sesuatuyang harus dilakukan atau diamalkan.

Kewajiban anak sebagai siswa di sekolah antara lain;

a. belajar dengan sungguh sungguh.

b. menaati tata tertib yang berlaku di sekolah.

c. patuh dengan nasehat guru.

d. menjaga nama baik sekolah.

Hak adalah segala sesuatu yang harus diterima atau didapatkan.

Hak seorang anak sebagai seorang siswa antara alain:

a. mendapatkan pendidikan yang layak.

b. hak mendapatkan penilaian yang adil

c. mendapat perlakuan yang adil selama di sekolah.

Menurut KBBI, tanggung jawab adalah keadaan untuk menerima akibat dari perbuatan, baik yang dilakukan sendiri maupun dilakukan secara kelompok.

Seorang siswa bertanggung jawab akan mengamalkan nilai nilai Pancasila, meliputi:

a. menghormati agama dan kepercayaan teman yang berbeda.

b. menunjukan rasa peduli kepada sesama teman.

c. menjaga persatuan dan kesatuan serta kerukunan di lingkungan sekolah.

d. mau mendengar pendapat teman yang lain.

e. menaati peraturan yang berlaku di sekolah.


Alhamdulillah telah selesai pembelajaran hari ini, mari kita tutup dengan do'a 


Wassalamulaiakum Warrahmatulloh Wa barokatuh.
Terima Kasih 😊😊😊


0 komentar:

Posting Komentar