Tema 6 subtema 3 muatan Bahasa Indonesia kelas 5

  Assalamu’alaikum Warrahmatulloh Wabarokatuh 

Hai Shobat ceria😇😇 dimanapun kalian berada. Apa kabar semua? Semoga shobat ceria beserta keluarga senantiasa dalam lindungan Alloh SWT. Aamiin. 

Mari sebelum kita mulai pembelajaran kali ini, kita mulai dengan berdoa terlebih dahulu, dilanjutkan murojaah Surat Al Buruuj 


Tujuan Pembelajaran : 

1.      Siswa mampu menyebutkan kata kunci dari teks penjelasan secara tepat.

2.      Siswa mampu menyajikan hasil kesimpulan isi teks penjelasan pada media elektronik dengan tepat dan jelas.

3.      Siswa mampu menjelaskan isi teks penjelasan pada media cetak atau elektronik secara lengkap.

4.     Siswa mampu meringkas teks penjelasan (eksplanasi) pada media cetak atau elektronik secara tepat.


Menemukan Arti Kata Kunci, Mencari Hal-Hal Penting dan Membuat Kalimat

Anak-anak yang hebat, masih ingatkah kalian tentang teks ekplanasi pada pembelajaran sebelumnya? Nah, pada pertemuan kali ini kita akan belajar mencari arti kata di kamus. Di dalam teks eklpanasi terdapat kata kunci dari setiap paragraf. Tentu kalian masih ingat apa itu kata kunci? Kata kunci adalah kata-kata yang dianggap penting dalam sebuah paragraf.  Yuk sekarang kita belajar mencari arti kata di sebuah kamus dan membuat kalimat.

Sebelum kita mencari arti kata, kita harus terlebih dahulu membaca teks secara teliti.

 

Ayo Membaca!!!

Bahan Konduktor dan Isolator



Di sekitarmu terdapat banyak benda dengan berbagai macam bahan.  Pemilihan bahan didasarkan pada sifat yang dimiliki bahan tersebut.  Misalnya, benda yang dapat menghantarkan panas dan benda yang tidak dapat menghantarkan panas. Ada benda yang mempunyai kemampuan menghantarkan panas dengan baik. Ada pula benda yang tidak dapat menghantarkan panas. Bahan yang dapat menghantarkan panas dengan baik disebut dengan konduktor. Bahan yang tidak dapat menghantarkan panas disebut dengan isolator. Sedangkan ada bahan yang sedikit dapat menghantarkan panas yang disebut dengan bahan semikonduktor.

Bahan konduktor yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari, biasanya terbuat dari bahan logam. Panci, wajan penggorengan, dan beberapa peralatan masak di dapur terbuat dari logam. Jenis logam yang paling sering digunakan un tuk membuat alat-alat tersebut antara lain besi, aluminium, dan tembaga.

Bahan yang tidak dapat menghantarkan panas disebut isolator.  Beberapa bahan yang termasuk sebagai isolator, antara lain adalah kayu, kain, dan plastik. Penggunaan bahan-bahan ini banyak sekali dijumpai di sekitar kita.

Penggunaan bahan konduktor dan isolator, dapat diterapkan secara bersamaan pada sebuah alat. Perhatikanlah gambar di bawah ini!  Panci yang biasa digunakan untuk memanaskan air ini terdiri atas bahan yang berbeda. Ada bahan yang berfungsi sebagai konduktor, ada yang berfungsi sebagai isolator. Pada gambar tersebut, terlihat bahwa penggunaan bahan isolator berguna untuk mencegah panas dari sumber panas dialirkan ke pengguna panci.  Aliran panas berhenti pada bahan isolator karena bahan tersebut, tidak dapat mengalirkan panas secara konduksi dari sumber panas. Sehingga, penggunaan bahan isolator terutama untuk melindungi pemakai alat agar tidak kepanasan dan dapat menggunakan alat tersebut sebagaimana mestinya.

Perhatikan dengan saksama bacaan di atas, dan kamu akan menemukan beberapa kata yang dicetak miring. Tuliskan kata-kata tersebut di dalam tabel berikut, lalu carilah artinya dengan menggunakan kamus.  Buatlah paling sedikit dua kalimat dengan menggunakan kata-kata tersebut dengan menggunakan kalimat lengkap dan kata yang baku.. Ayo Menulis!




Mudah bukan? Nah, kalian bisa berlatih mencari arti kata dan membuat kalimat  dari sumber bacaan lain ya anak anak hebat!

Sekarang kita lanjutkan untuk mencari hal-hal penting dari setiap paragraf dari bacaaan tersebut. Ayo menulis!



Membuat Kesimpulan Bacaan

Dengan menggunakan hal-hal penting yang kamu tuliskan dalam bentuk kalimat di atas, kamu dapat juga menjelaskan pemahamanmu terhadap bacaan. Gunakan diagram di bawah ini untuk menjelaskannya. Tentukanlah pokok pikiran dari setiap paragraf dalam bacaan dan tuliskanlah di dalam setiap kotak yang tersedia. Satu kotak mewakili satu paragraf.

Mudah bukan?

Dari hal-hal penting dan pokok pikiran yang telah kita temukan, kita akan mudah dalam membuat kesimpulan. Untuk menarik kesimpulan, kita harus membaca dengan teliti setiap paragrafnya dan memahami ide pokoknya terlebih dahulu. Hal ini karena kesimpulan merupakan jawaban dari gagasan utama paragraf.

Yuk sekarang kita membuat kesimpulan dari bacaan tersebut! Ayo Menulis!

Mudah bukan menyimpulkan sebuah bacaan? Kalian hebat!!!



Alhamdulillah telah selesai pembelajaran hari ini, mari kita tutup dengan do'a 


Wassalamulaiakum Warrahmatulloh Wa barokatuh.

Terima Kasih 😊😊😊


0 komentar:

Posting Komentar