Assalamu’alaikum Warrahmatulloh Wabarokatuh
Hai Shobat ceria😇😇 dimanapun kalian berada. Apa kabar semua? Semoga shobat ceria beserta keluarga senantiasa dalam lindungan Alloh SWT. Aamiin.
Mari sebelum kita mulai pembelajaran kali ini, kita mulai dengan berdoa terlebih dahulu.
TTEMA 5 SUBTEMA 3
Tujuan Pembelajaran
1. Dengan kegiatan mengidentifikasi pecahan, siswa dapat menjelaskan cara penjumlahan pecahan berpenyebut sama dengan benar.
2. Dengan kegiatan menyelesaikan soal-soal latihan, siswa dapat menyelesaikan masalah sehari-hari yang melibatkan penjumlahan berpenyebut sama dengan benar.
PERTEMUAN 2
MUATAN : Matematika
KD 3.5 Menjelaskan dan melakukan penjumlahan dan pengurangan pecahan berpenyebut sama.
Ayo Mengamati
Bayu dan keluarganya membaca surat dari paman Roni sambil menikmati kue bika ambon dari daerah Sumatra Utara. Ibu Bayu memotong kue bika ambon menjadi 6 bagian yang sama besar. Bayu makan 2 potong kue. Ayah makan 1 potong kue. Berapa bagian kue yang dimakan Bayu dan Ayahnya? Banyak kue yang dimakan Bayu dan Ayahnya dapat dihitung dengan cara penjumlahan pecahan berpenyebut sama.
Perhatikan gambar berikut!

Gambar di atas adalah cara menunjukkan penjumlahan pecahan
Dengan mengunakan kertas pecahan ternyata
Menjumlahkan bilangan pecahan yang berpenyebut sama dapat dilakukan dengan cara menjumlah pembilang-pembilangnya saja, sedangkan penyebutnya tetap.
Ayo Berlatih
Kerjakan di buku Tugasmu
Tulislah hasil penjumlahan pecahan berpenyebut sama berikut ini!
Alhamdulillah, semua tahapan pembelajaran hari ini sudah kita lalui dengan baik. Semoga ilmu hari ini bisa menambah wawasan kita dan bermanfaat bagi kehidupan kita semua yah. Mari kita tutup kegiatan belajar pada hari ini dengan membaca do’a sesudah belajar.
0 komentar:
Posting Komentar