Tema 4 ST 1 kelas V muatan IPS

 Assalamulaikum Warrahmatullohi wabarokatuh.

Kegiatan Awal 

        1. Berdo'a 

ILMU PENGETAHUAN SOSIAL

TEMA 4 : SEHAT ITU PENTING

SUBTEMA 1 : PEREDARAN DARAHKU SEHAT

 

Kompetensi Dasar

3.2 Menganalisis bentuk-bentuk interaksi manusia dengan lingkungan dan pengaruhnya terhadap pembangunan sosial, budaya, dan ekonomi masyarakat Indonesia.

4.2 Menyajikan hasil analisis tentang interaksi manusia dengan lingkungan dan pengaruhnya terhadap pembangunan sosial, budaya, dan ekonomi masyarakat Indonesia.

 

RANGKUMAN MATERI

Interaksi Manusia Dengan Lingkungan Sekitar

a) Lingkungan adalah ruang yang ditempati oleh makhluk hidup dan benda tidak hidup.

b) Kehidupan manusia tidak dapat dipisahkan dari lingkungannya, baik lingkungan alam maupun lingkungan sosial.

c) Manusia tidak bisa hidup sendiri untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Manusia pasti membutuhkan orang lain.

d) Secara kodratnya, setiap manusia akan berinteraksi. Intersaksi antar indivisi, individu dengan kelompok. Interaksi tersebut dinamakan interaksi sosial. Melalui gambar diatas kamu telah mengetahui contoh interaksi sosial.

e) Interaksi sosial penting dilakukan oleh setiap individu karena dengan melakukan interaksi sosial, individu dapat mencukupi semua kebutuhan hidupnya.

f) Contoh, saat kamu makan nasi, tentu nasi yang di makan berasal dari beras. Beras berasal dari padi yang ditanam petani. Sebelum menjadi beras, padi digiling oleh orang lain. Bahkan, nasi yang di makan merupakan masakan orang lain. Selain untuk memenuhi kebutuhan hidup, interaksi juga merupakan sarana untuk mencapai tujuan bersama.

g) Interaksi sosial tidak selamanya mengarah kepada kebersamaan atau persatuan.

 

Oleh karena itu, interaksi sosial dibedakan menjadi dua (2) yaitu :

1. interaksi yang mengarah ke persatuan,

2. interaksi yang mengarah ke perpecahan.

 

h) Ada tiga teori sosial budaya di Indonesia yang hingga kini berlaku di masyarakat yaitu musyawarah, paternalistik, dan gotong royong.

i) Budaya musyawarah, paternalistik, dan gotong royong apabila dikembangkan akan mendukung pembangunan nasional dan mendukung ketahanan aspek sosial budaya yang tangguh.

 

Bentuk Interaksi Manusia Berdasarkan Pelakunya

a) Bentuk interaksi manusia berdasarkan pelakunya dibagi menjadi tiga, yaitu interaksi antarindividu, interaksi antara individu dengan kelompok, dan interaksi antarkelompok.

b) Contoh Interaksi antarindividu

1) Seorang siswa bertanya kepada gurunya tentang materi pembelajaran.

2) Seorang anak menolong temannya yang jatuh.

3) Seorang anak menyapa teman saat bertemu di jalan.

 

c) Contoh Interaksi antara individu dengan kelompok

1) Orang berpidato di depan khalayak pada suatu acara.

2) Presiden dengan rakyatnya.

3) Ketua kelompok dengan anggotanya saat berdiskusi.

 

d) Contoh Interaksi antarkelompok

1) Pertandingan basket antarsekolah.

2) Suatu kelompok melakukan presentasi di depan kelompok lain saat pembelajaran di kelas.

e) Interaksi sosial tidak selamanya mengarah pada kebersamaan atau persatuan. Oleh karena itu, interaksi sosial dibedakan menjadi dua, yaitu interaksi sosial yang mengarah pada persatuan dan interaksi sosial yang mengarah pada perpecahan.

 

f) Contoh Interaksi sosial mengarah pada persatuan

1) Siswa-siswi bergotong royong membersihkan lingkungan sekolah.

2) Siswa-siswi mengadakan musyawarah untuk pelaksanaan pemilihan ketua kelas.

 

g) Contoh Interaksi sosial mengarah pada perpecahan

1) Saling mengejek teman.

2) Tawuran antarpelajar.

h) Kita harus menghindari interaksi sosial yang mengarah pada perpecahan. Kita harus memahami pepatah Bersatu kita teguh, bercerai kita runtuh.

i) upaya yang dilakukan warga masyarakat di tempat tinggalnya dalam meningkatkan pembangunan sosial budaya.

1) Manusia hidup dalam lingkungan tertentu.

2) Lingkungan adalah ruang yang ditempati oleh makhluk hidup dan benda tidak hidup.

3) Kehidupan manusia tidak dapat dipisahkan dari lingkungannya, baik lingkungan alam maupun lingkungan sosial.

4) Manusia tidak bisa hidup sendiri untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Manusia pasti membutuhkan orang lain.

5) Secara kodratnya, setiap manusia akan berinteraksi. Intersaksi antar indivisi, individu dengan kelompok.

6) Interaksi tersebut dinamakan interaksi sosial. Melalui gambar diatas kamu telah mengetahui contoh interaksi sosial.

Aktivitas Masyarakat Dalam Upaya Pembangunan Sosial budaya

a) Interaksi sosial merupakan aktivitas-aktivitas yang tampak ketika antar individu ataupun kelompok-kelompok manusia saling berhubungan.

b) Interaksi sosial terjadi antara dua orang atau lebih.

c) Interaksi sosial dapat terjadi antarindividu, antarkelompok, dan antara individu dengan kelompok.

d) Bentuk interaksi sosial dapat berupa kerja sama, persaingan, dan pertentangan atau pertikaian.

e) Kerja sama dan mufakat merupakan warisan budaya masyarakat Indonesia.

f) Warisan budaya inilah yang harus dipertahankan dan ditingkatkan.

g) Budaya dan sosial bangsa Indonesia perlu dipertahankan dan ditingkatkan. Karena hal ini menjadi tanggung jawab warga masyarakat indonesia.

h) Contoh budaya dan sosial bangsa Indonesia yang perlu ditingkatkan dan dipertahankan diantaranya :

1) Membiasakan musyawarah mufakat dalam mengambil keputusan bersama.

2) Membiasakan tolong-menolong antarwarga masyarakat.

3) Ikut serta dalam kegiatan kerja bakti atau gotong-royong dalam masyarakat.

4) Menjaga interaksi yang baik antarwarga masyarakat.

5) Membiasakan interaksi yang mengarah ke persatuan.

6) Menghindari interaksi yang mengarah ke perpecahan.

 

i) Contoh bentuk interaksi sosial antar individu di lingkungan keluarga.

1) Anak membantu ibu menyiapkan sarapan.

2) Anak membantu ayah membersihkan halaman rumah.

3) Kakak membantu adik mengerjakan pekerjaan rumah.

Penutup

 Alhamdulillah telah selesai pembelajaran hari ini,  mari kita akhiri dengan berdoa agar apa yang kita lakukan di ridhai Alloh.



Semoga ilmunya bermanfaat, salam sehat dan tetap semangat.

Wassalamualaikum Warrahmatullohi Wabarokatuh.

0 komentar:

Posting Komentar