Adab terhadap Orang tua

 Kegiatan Awal

Assalamualaikum Warrahmatullohi wabarokatuh.

 

Selamat pagi semuanya, apa kabar ? Semoga kita semua dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Alloh SWT. Walaupun di rumah tetap semangat belajar yaaa!! semangat mencari ilmu sebagai bekal hidup di dunia dan akhirat.

1. Sebelum kegiatan dimulai, mari kita awali dengan berdo’a. Semoga Alloh meridhoi kita semua amiin.


2. Menjaga kesehatan itu penting, sebagai wujud rasa syukur kita terhadap nikmat Alloh. Mari mencegah Covid dimulai dari diri kita sendiri.


 

Kegiatan Inti

Setelah memanfaatkan media daring ini, diharapkan siswa mampu :

1. Menjelaskan adab terhadap orang tua

2. Mengamalkan adab terhadap orang tua

 

Orang tua adalah manusia paling penting di dunia ini yang wajib kita hormati, baik orang tua kita sendiri maupun orang tua lainnya. Kita tidak akan mendapat ridhonya Alloh jika orang tua kita tidak ridho terhadap kita, maka dari itu terdapat adab yang harus dilakukakn anak terhadap orang tuanya sebagaimana telah dicontohkan Rosululloh antara lain :

1. Taat dan patuh kepada kedua orang tua selama tidak mendurhakai Allah.

Setiap muslim wajib mentaati kedua orang tuanya. Sedangkan mendurhakai orang tua merupakan perbuatan yang diharamkan oleh Allah, kecuali jika mereka menyuruh untuk menyekutukan Allah.Meskipun begitu cara penolakan atas perintah maksiat harus dilakukan dengan sikap yang baik dan tutur kata yang santun agar orang tua tidak tersinggung atas ucapan kita.

2. Berbakti (birrul walidain) dan merendahkan diri di hadapan kedua orang tua.

Birrul walidain berarti berbuat kebaikan kepada kedua orang tua. Kebalikan dari birrul walidain yaitu ‘uququl walidain yang artinya mendurhakai kedua orang tua. Durhaka kepada kedua orang tua merupakan dosa besar yang dibenci oleh Allah. Jadi, kita diwajibkan untuk berbakti dan selalu tunduk kepada kedua orang tua karena ridha Allah terletak pada ridha orang tua, dan murka Allah terletak pada murka orang tua.

3. Bersikap sopan, berbicara santun, dan tidak mencaci kepada kedua orang tua serta berbiacara dengan lembut.

Sikap dan perilaku yang baik kepada kedua orang tua adalah dengan tidak berkata keras dan tidak pula berlaku kasar, yaitu jangan sampai kita mengatakan kepada kedua orang tua perkataan yang jelek meskipun kata yang paling ringan, yakni “ah!” yang berarti desahan karena bosan atau jengkel. Apalagi membentak atau dengan nada suara tinggi. Begitu pula kita tidak boleh melakukan perbuatan jelek kepada kedua orang tua, sekalipun perbuatan yang paling ringan seperti mengibaskan tangan atau lainnya

4. Berdoa demi kebaikan dan kebahagiaan kedua orang tua.

Orang tua memiliki jasa besar kepada anak yang tentunya tidak dapat diukur dengan materi. Salah satu cara yang dapat dilakukan anak kepada kedua orang tua adalah balas budi yakni berupa doa. Bahkan, salah satu cara berbakti kepada kedua orang tua yang telah wafat yakni dengan mendoakannya.

5. Tidak memandang dengan tatapan tajam

Sebagai seorang yang jauh lebih muda, kita dianjurkan untuk tidak memandang atau melirik orang yang lebih tua dengan tatapan yang tajam dan tidak menyenangkan. Berikan tatapan yang lembut dan hangat ketika berhadapan dengan orang tua.

 

6.  Mendahulukan  orang tua bicara dan tidak menyela pembicaraannya sampai selesai.

Adab selanjutnya adalah berbicara dengan mendahulukan yang lebih tua. Biarkan mereka yang lebih tua untuk berbicara terlebih dahulu untuk menyenangkan hati mereka.

 

7. Selalu mendahulukan orang tua serta merawatnya ketika sakit atau sudah sepuh

 

Sebagaimana yang pernah diceritakan oleh Rasulullah Saw mengenai tiga orang pemuda yang terjebak di dalam gua. Salah satunya pun berdoa kepada Allah dimana dalam doa tersebut menunjukkan bahwa ia selalu mendahulukan untuk memberi susu kepada orang tuanya sebelum memberikannya pada anak-anaknya sendiri.

 

8. Tidak duduk di depan orang tua saat mereka berdiri

Jika orang tua sedang berdiri, maka hendaknya kita ikut berdiri dan tidak duduk di hadapannya. Atau memberikan tempat duduk kita kepada orang tua. Hal ini dimaksudkan untuk menyelisihi kebiasaan orang kafir yang justru duduk saat orang tua berdiri sehingga dianggap tidak sopan dalam Islam. 

 

9. Meminta maaf kepada orang tua

Sebagai seorang anak kita sering berbuat salah pada orang tua, maka hendaknya kita selalu meminta maaf kepada orang tua jika kita telah berbuat salah. Sebagaimana yang dicontohkan oleh saudara Yusuf as yang mana mereka meminta maaf kepada orang tua mereka ketika berbuat salah,

 

يَا أَبَانَا اسْتَغْفِرْ لَنَا ذُنُوبَنَا إِنَّا كُنَّا خَاطِئِينَ

 

“Wahai ayah kami, mohonkanlah ampun bagi kami terhadap dosa-dosa kami, sesungguhnya kami adalah orang-orang yang bersalah (berdosa)“. (QS. Yusuf [12] : 97)

 

10. Menafkahi orang tua

Jika orang tua meminta sesuatu kepada anak dan tidak bertentangan dengan Islam, maka berikanlah. Jangan pernah takut untuk kehabisan harta karena itu merupakan salah satu adab dan jalan berbakti kepada orang tua.

 

11. Menjaga silaturahmi kepada orang tua

 

Meskipun kita telah dewasa, telah hidup mandiri berpisah dari orang tua atau  memiliki keluarga baru , namun sebagai seorang anak, kita wajib untuk menyambung silaturahmi dengan orang tua.

Penutup

Sampai disini dulu belajarnya yaa…. !

Ingatlah untuk selalu menjadi anak sholeh dan seholekhah, berbakti dan senantiasa mendoakan orang tua kita.

 


Terima kasih

Wassalamualaikum warrahmatullohi wabarokatuh

 

0 komentar:

Posting Komentar