Assalamulaikum Warrahmatullohi wabarokatuh.
Kegiatan Awal
1. Berdo'a
2. Kebersihan Sebagian dari Iman, Mari kita belajar hidup bersih !!😊😊😊3. Kegiatan Inti
Tujuan Pembelajaran :
1. Siswa dapat memahami konversi satuan panjang sebagai konsep dasar dalammenjelaskan perbandingan dua besaran yang berbeda(kecepatan sebagai perbandingan jarak dengan waktu )
Konversi satuan berguna dilakukan ketika kita berhubungan dengan hitung-hitungan nilai besaran. Contohnya ketika hendak mengubah satuan panjang dari meter ke kilometer (km), mengubah waktu dari jam ke detik, dan lain sebagainya. Jadi, konversi satuan ini akan berguna tidak hanya di pelajaran sekolah, tapi juga di kehidupan nyata. Oleh karena itu, mari kita pelajari lebih dalam terkait konversi satuan ini agar kita bisa memahaminya dan bermafaat dalam khidupan kita
Macam- macam Satuan
Dakam kehiduoan sehari-hari atau disekolah, kita sering menemui masalah yang berhubungan dengan satuan. Berikut ini adalah beberapa satuan yang sering kita temui dan digunakan :
§ Satuan panjang
§ Satuan berat
§ Satuan waktu
§ Satuan luas
§ Satuan volume
§ dan lain sebagainya
Hari ini kita akan mempelajari konversi satuan panjang. Satuan panjang merupakan suatu satuan yang digunakan untuk mendeskripsikan ukuran tinggi, panjang, jarak suatu benda atau objek yang diukur.
Satuan panjang terdiri dari :
v km
v hm
v dam
v m
v dm
v cm
v mm
Cara 1 Jembatan keledai
Kucing hitam dalam mobil, desi centil mondar-mandir. (nyanyikan dengan irama suka-suka )
km = kucing
hm = hitam
dam = dalam
m = mobil
dm = desi
cm = cantik
mm = mondar mandir
* Tiap 1 langkah ke kanan di kali 10
* Tiap 1 langkah ke kiri dibagi 10
Cara 2 bernyanyi
Satuan Panjang * lagu Hari Minggu
kilometer , hektometer, dekameter, meter,
desimeter, centi meter juga milimeter
tiap ke kanan dikali dengan 10
tiap kekiri bagi dengan 10
* Tiap 1 langkah ke kanan di kali 10
* Tiap 1 langkah ke kiri dibagi 10
Setelah menyimak vidieo silahkan coba kerjakan latihan soal di buku matematika halaman 50-51, kemudian cocokkan dengan hasil pembahasan:
1. 8 hm = … dm
2. 12 km = … m
3. 60 km = … m
4. 150 dm = … mm
5. 5,4 km = … dm
6. 1,5 dam = … dm
7. 0,25 km= … m
4. Kegiatan Penutup
Alhamdulillah telah selesai pembelajaran hari ini, mari kita akhiri dengan berdoa agar apa yang kita lakukan di ridhai Alloh.
0 komentar:
Posting Komentar