Tema 3 Subtema 1 & 2 muatan IPS

Kegiatan Awal

Assalamualaikum Warrahmatullohi wabarokatuh.

 Selamat pagi semuanya, apa kabar ? Semoga kita semua dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Alloh SWT. Walaupun di rumah tetap semangat belajar yaaa!! semangat mencari ilmu sebagai bekal hidup di dunia dan akhirat.

1. Sebelum kegiatan dimulai, mari kita awali dengan berdo’a. Semoga Alloh meridhoi kita semua amiin.



2. Menjaga kesehatan itu penting, sebagai wujud rasa syukur kita terhadap nikmat Alloh. Mari mencegah Covid dimulai dari diri kita sendiri.

 


Kegiatan Inti


ILMU PENGETAHUAN SOSIAL

TEMA 3 : MAKANAN SEHAT

SUBTEMA 1 : BAGAIMANA TUBUH MENGOLAH MAKANAN?

Kompetensi Dasar

3.2 Menganalisis bentuk-bentuk interaksi manusia dengan lingkungan dan pengaruhnya terhadap pembangunan sosial, budaya, dan ekonomi masyarakat Indonesia

4.2 Menyajikan hasil analisis tentang interaksi manusia dengan lingkungan dan pengaruhnya terhadap pembangunan sosial, budaya dan ekonomi masyarakat Indonesia

 

RANGKUMAN MATERI

Interaksi Manusia dengan Lingkungan Alam

a) Manusia berinteraksi dengan lingkungan hidupnya.

b) Interaksi antara manusia dan lingkungan hidup merupakan proses saling mempengaruhi antara satu dan lainnya.

c) Lingkungan hidup memiliki pengaruh besar bagi manusia karena merupakan komponen penting dari kehidupan manusia.

d) Begitupun sebaliknya, manusia memiliki pengaruh besar terhadap lingkungan hidup dalam hal pemeliharaan dan pelestarian.

e) Lingkungan hidup manusia terdiri atas lingkungan alam, lingkungan, sosial, budaya dan ekonomi.

f) Lingkungan alam adalah lingkungan yang terbentuk secara alamiah tanpa campur tangan manusia.

g) Lingkungan alam mencakup semua benda hidup dan tak hidup yang terjadi secara alamiah di bumi.

h) Lingkungan alam terdiri atas komponen abiotik dan biotik.

i) Komponen abiotik adalah segala sesuatu yang ada di lingkungan yang bukan makhluk hidup. Seperti udara, tanah, batu, cahaya matahri, dll

j) Lingkungan biotik adalah segala benda hidup yang ada di lingkungan.seperti : manusia, hewan dan tumbuhan.

k) Dalam lingkungan alam terjadi interaksi antara lingkungan abiotik dengan lingkungan biotik atau sebaliknya. Bahkan terjadi hubungan saling keterkaitan antar komponen.

m) Contoh interaksi antara komponen abiotik dengan biotik adalah tanah, suhu dan curah hujan yang memengaruhi jenis tanaman yang tumbuh suatu daerah.

n) Lingkungan biotik dapat mempengaruhi lingkungan abiotik. Contohnya daerah yang banyak tumbuhannya akan membuat suhu udara menjadi lebih sejuk. Daerah yang masih banyak tumbuhannya juga dapat menyimpan air tanah lebih banyak karena tanah di bawahnya dapat menyerap air lebih banyak.

o) Interaksi antara manusia dan alam dapat dikelompokkan menjadi dua yaitu :  

1. Interaksi manusia yang menyesuaikan diri dengan alam contohnya adalah hidup dekat dengan sumber makanannya. Manusia menyesuaikan waktu tanam dengan musim penghujan, waktu untuk berlayar menyesuaikan dengan keadaan cuaca, menghindari tinggal di daerah rawan bencana alam, dan lain-lain.

2. Interaksi manusia yang mendominasi alam. Ilmu pengetahuan dan teknologi yang dimiliki manusia cenderung melakukan upaya mengambil sumber daya alam. Bahkan, manusia berupaya memodifikasi cuaca dengan mengembangkan teknologi hujan buatan.

a) Namun demikian, sampai saat ini manusia belum mampu memperkirakan kapan gempa bumi akan terjadi, jam berapa gunung akan meletus, dan seterusnya. Manusia juga tidak mampu menghentikan gelombang tsunami, menghentikan banjir dan lain-lain. Dalam hal ini manusia cenderung berupaya menyesuaikan diri. Sebagai contoh, penduduk yang tinggal di daerah gempa mengembangkan teknologi rumah atau bangunan yang tahan gempa.

 

b) Contoh bentuk interaksi masyarakat sekitarmu dengan lingkungan alamnya :

1) Menjadi nelayan

2) Memelihara hewan ternak sapi

3) Melakukan penghijauan

4) Nelayan dengan laut karena nelayan mengambil ikan yang ada di laut. Selain itu nelayan juga memanfaatkan angin untuk berlayar.

5) Interaksi antara manusia dengan tanah yang digunakan untuk membangun jalan

6) Interaksi antara manusia dengan tumbuhan dan juga air

7) Intraksi antara manusia dengan tumbuhan dan interaksi antara manusia dengan tanah

8) Interaksi antara manusia dengan tumbuhan (pohon pinang) dan tanah

p) Pada dasarnya, sifat interaksi antara manusia dan alam adalah timbal balik. Manusia sangat membutuhkan alam dan segala sumber daya yang ada di dalamnya untuk bertahan hidup. Sebaliknya alam menuntut manusia untuk melestarikannya.

q) Manusia sebagai makhluk memiliki keterkaitan dan ketergantungan terhadap alam dan lingkungannya. Untuk bisa mempertahankan kehidupannya manusia membutuhkan lingkungan sekitar atau sumber daya alam.

r) Pada awalnya manusia memanfaatkan alam hanya sebatas untuk memenuhi kebutuhan dasarnya (makan dan minum serta pakaian). Namun, saat ini manusia mengolah sumber daya yang ada di alam untuk beragam kebutuhan atau sekedar memenuhi gaya hidupnya. Akibatnya, sebagian lingkungan alam telah mengalami kerusakan seperti pencemaran air dan udara

 

Interaksi Manusia dengan Lingkungan Sosial

a) Manusia adalah makhluk sosial karena tidak dapat hidup sendiri-sendiri untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, manusia pastilah memerlukan bantuan orang lain.

b) Manusia tanpa manusia lain pastilah akan sengsara dan mati. Bayi misalnya saja, harus diajari makan dan minum, berjalan dan bermain dan sebagainya. Hal ini membuktikan bahwa sejak lahir, manusia sudah membutuhkan orang lainnya.

c) Interaksi Manusia dengan Lingkungan Sosial

• Bayi yang baru lahir, maka ia akan melakukan kontak sosial dengan ibunya

• Didalam rumah, kita akan melihat adik, kakak dan orang tua.

• Di sekolah, kita melihat teman, guru, kepala sekolah dan lainnya.

• Di lingkungan sekitar rumah kita, anda akan melihat tetangga kita, pedagang yang lewat dan lainnya.

• Semua itu adalah bagian dari lingkungan sosial, baik itu secara individual maupun kelompok.

d) Manusia perlu berkomunikasi dengan orang lainnya, maka akan terjadi apa yang di namakan proses sosial.

e) Proses sosial adalah suatu interaksi atau hubungan saling mempengaruhi antar manusia.

f) Proses sosial ini akan terjadi jika ada interaksi sosial, karena tanpa ada interaksi sosial tidak akan mungkin ada kehidupan bersama.

g) Interksi sosial adalah kunci dari semua kehidupan, bertemunya seseorang dengan orang lain atau kelompok lainya, kemudian mereka saling bicara, bekerja sama, dan seterusnya untuk memacapai tujuan bersama.

h) Interaksi sosial adalah hubungan-hubungan atara orang per orang, antara kelompok manusia, maupun antara orang perorangan dengan kelompok manusia. Apabila dua orang bertemu interaksi sosial dimulai saat itu. Mereka saling menegur, berjabat tangan, dan saling berbicara. Aktifitas semacam itu merupakan bentuk interaksi sosial.

i) Dalam interaksi sosial, hubungan yang terjadi harus secara timbal balik dilakukan oleh dua belah pihak. Artinya kedua belah pihak darus saling merespon. Jika di tanya dia menjawab, jika di mintai bantuan maka akan membantu, jika di ajak bermain maka akan bermain. Jika itu terjadi, maka akan terjadi interaksi sosial.

j) Contoh interaksi sosial

1) Nelayan dan nelayan, serta para pedagang ikan. Nelayan bersama-sama menangkap ikan dan menjualnya kepada para pedagang di pasar ikan.

2) Interaksi antara warga masyarakat yang ikut bergotong royong membangun jalan.

3) Interaksi sodial antara anggota keluarga.

4) Interaksi antar warga yang ikut dalam kegiatan penghijauan tersebut

5) Interaksi diantara peserta lomba yang saling berebut untuk mndapatkan hadiah

k) Interaksi manusia dengan lingkungan sosial :

1) Gotong royong antar masyarakat untuk mencapai suatu tujuan

2) Belajar kelompok untuk dapat bekerja sama dan mempererat hubungan

3) Seorang bayi akan membutuhkan orang lain untuk melakukan sesuatu

4) Masyarakat melakukan kegiatan jual beli barang.

5) Manusia bergotong royong untuk mencapai tujuan bersama

 

Contoh Interaksi dengan Lingkungan Hidup dan Lingkungan sosial

a) Dalam dunia usaha pertanian, ada tiga pihak yang selalu bekerja sama, yakni pemasok, petani yang bersangkutan, dan distributor yang membeli sayur-mayur atau buah-buahan dari petani.

b) Ada pula penjual sayur yang secara langsung membeli sayuran dari petani dan menjualnya secara berkeliling.

c) Pada kegiatan Budidaya Tanaman Wortel terjadi interaksi yaitu :

1) Interaksi manusia dengan lingkungan alam sekitarnya.

2) Interaksi manusia dengan lingkungan sosial.

3) Keberagaman yang dapat kamu temukan di dalam cerita yang disajikan

 

d) Interaksi Lingkungan Hidup

• Selama masa tanam, para petani rutin memberikan pupuk pada awal masa tanam.

e) Interaksi Sosial

1) Petani bertemu dengan pengepul sayur yang kemudian mendistribusikan wortel-wortelnya ke beberapa daerah

2) Ada tiga pihak yang selalu bekerja sama, yakni pemasok, petani yang bersangkutan, dan distributor

3) Penjual sayur yang secara langsung membeli sayuran dari petani dan menjualnya secara berkeliling.

 

SUBTEMA 2: PENTINGNYA MAKANAN SEHAT BAGI TUBUH

Kompetensi Dasar

3.2 Menganalisis bentuk-bentuk interaksi manusia dengan lingkungan dan pengaruhnya terhadap pembangunan sosial, budaya, dan ekonomi masyarakat Indonesia

4.2 Menyajikan hasil analisis tentang interaksi manusia dengan lingkungan dan pengaruhnya terhadap pembangunan sosial, budaya dan ekonomi masyarakat Indonesia

 

RANGKUMAN MATERI

Upaya Manusia dalam Pembangunan Sosial

a) Semua aktivitas yang menggabungkan aspek sosial dan ekonomi yang dimaksudkan untuk meningkatkan taraf hidup atau kesejahteraan sosial disebut pembangunan sosial.

b) Kesejahteraan sosial meliputi kebutuhan material, dan kebutuhan spiritual.

c) Dengan keberagaman, manusia dapat saling bekerja sama dan bahu membahu untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, baik secara ekonomi, sosial, maupun budaya.

d) Beragam profesi pun berkembang dan mendukung pemenuhan kebutuhan hidup.

e) Bahasa Indonesia yang dipergunakan juga merupakan satu contoh hal yang menjembatani perbedaan sosial budaya yang terdapat dalam masyarakat Indonesia. Amatilah gambar-gambar di bawah ini!

f) Upaya manusia dalam sebuah pembangunan sosial budaya.

1) Bahasa Indonesia merupakan contoh upaya manusia dalam sebuah pembangunan sosial budaya.

2) Kegiatan seni yang bertujuan melestarikan budaya nusantara juga merupakan sebuah upaya pembangunan sosial budaya.

3) Contoh lain dari pembangunan sosial budaya adalah dengan semakin terbukanya kesempatan bagi kaum wanita untuk bersekolah dan menuntut ilmu setinggi mungkin.

4) Masih banyak lagi contoh-contoh pembangunan sosial budaya yang terdapat di sekitar kita.

g) Contoh-contoh upaya manusia dalam pembangunan sosial.

1) Pembangunan Sosial Bidang Kesehatan

Pembangunan di bidang kesehatan antara lain dengan Program Lingkungan Sehat, Perilaku Sehat, dan Pemberdayaan Masyarakat. Perbaikan Gizi Masyarakat, Obat, Makanan, dan Bahan Berbahaya

2) Pembangunan Sosial Bidang Kesejahteraan Sosial

Di bidang kesejahteraan sosial meliputi pengembangan ketahanan sosial, peningkatan apresiasi terhadap penduduk lanjut usia dan veteran, peningkatan kepedulian terhadap penyandang masalah sosial.

3) Pembangunan Sosial Bidang Kependudukan dan KB

Di bidang kependudukan dan keluarga berencana yaitu: peningkatan kualitas penduduk melalui pengendalian kelahiran, penurunan angka kematian, peningkatan kualitas program keluarga berencana.

4) Pembangunan Bidang Kebudayaan dan Pariwisata

Di bidang kebudayaan dan pariwisata adalah pengembangan dan pembinaan kebudayaan nasional, pelestarian apresiasi nilai kesenian dan kebudayaan tradisional, perwujudan kesenian dan kebudayaan tradisional Indonesia sebagai wahana pengembangan pariwisata, dan pengembangan pariwisata.

5) Pembangunan Bidang Kedudukan dan Peranan Perempuan

Di bidang kedudukan dan peranan perempuan meliputi: peningkatan kedudukan dan peran perempuan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Misalnya semakin terbukanya kesempatan bagi kaum wanita untuk bersekolah dan menuntut ilmu setinggi mungkin.

6) Pembangunan Sosial Bidang Pemuda dan Olah Raga

Di bidang pemuda dan olahraga meliputi: penumbuhan budaya olahraga, peningkatan usaha pembibitan dan pembinaan, pengembangan minat dan semangat kewirausahaan di kalangan generasi muda, dan pelindungan bagi generasi muda dari nark*ba.

h) Pembangunan sosial dimaksudkan untuk meningkatkan kesejahteraan sosial dimana kebutuhan setiap anggota masyarakat secara sosial, ekonomi, dan spiritual dapat terpenuhi.

i) Upaya yang dilakukan warga masyarakat dalam meningkatkan pembangunan sosial budata :

a) Membudayakan semangat gotong royong

b) Melestarikan dan memelihara budaya daerah

c) Menjaga kerukunan antar anggota masyarakat

d)Membiasakan musyawarah mufakat dalam mengambil keputusan demi kepentingan bersama

e) Saling membantu dan tolong menolong antar masyarakat yang membutuhkan.

SUBTEMA 2: PENTINGNYA MAKANAN SEHAT BAGI TUBUH

Kompetensi Dasar

1.3 Mensyukuri keragaman social masyarakat sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa dalam konteks Bhineka Tunggal Ika

2.3 Bersikap toleran dalam keragaman sosial budaya masyarakat dalam konteks Bhineka Tunggal Ika

3.3 Menelaah keragaman social budaya masyarakat

4.3 Menyelenggarakan kegiatan yang mendukung keragaman sosial budaya masyarakat

 

RANGKUMAN MATERI

Keanekaragaman Adat Istiadat di Lingkungan Sekitar.

a) Kebiasaan yang mengikat masyarakat dan berlangsung dalam jangka waktu cukup lama dikenal dengan adat istiadat. 

b) Adat istiadat merupakan kebiasaan sosial yang sejak lama ada di dalam masyarakat dan bertujuan mengatur tata tertib dalam masyarakat tersebut.

c) Adat istiadat setiap kelompok masyarakat bisa sama atau berbeda satu dengan yang lain. Seperti pepatah “ lain ladang lain belalang, lain lubuk lain pula ikannya “ artinya setiap daerah memiliki adat istiadat yang berbeda.  

d) Contohnya saja, ada istiadat masyarakat Osing di Banyuwangi yang merupakan perpaduan antara budaya Jawa, Madura, dan Bali. Kemudian adat istiadat masyarakat desa di Jawa Timur dan Jawa Tengah yang ternyata memiliki persamaan. Salah satu persamaannyanya bahwa mereka memiliki ikatan yang berdasarkan pada persahabatan.

e) Pertunjukan Sisingaan merupakan sebuah pertunjukan yang membutuhkan kerja sama, kekompakan, kerja keras, ketertiban, dan ketekunan.

f) Semua orang dari segala lapisan masyarakat yang beraneka ragam dapat ikut dalam iringiringan tersebut. Iring-iringan dilakukan sambil mengitari kampung hingga akhirnya iringan kembali ke tempat semula. Tanpa adanya kerukunan, tentunya kerja sama yang baik tidak akan dapat terwujud.

 

Contoh keanekaragaman adat istiadat di lingkungan sekitarnya.

a) Bangsa Indonesia memiliki sebuah semboyan yang luar biasa, yakni Bhinneka Tunggal Ika.

b) Bhinneka Tunggal Ika memiliki arti berbeda-beda tetapi tetap satu tujuan.

c) Bahwasanya, sekalipun di Indonesia terdapat begitu banyak suku, agama, ras, adat istiadat, bahasa, dan lain-lain, semuanya bersatu sebagai saudara sebangsa dan setanah air.

d) Perbedaan dan keanekaragaman yang ada justru menjadi sebuah kekuatan yang pada akhirnya memperkaya sifat budaya bangsa Indonesia dan lebih memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa.

e) Dengan keberagaman, manusia dapat saling bekerja sama dan bahu membahu untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, baik secara ekonomi, sosial, maupun budaya.

f) Beragam profesi pun berkembang dan mendukung pemenuhan kebutuhan hidup.

g) Bahasa Indonesia yang dipergunakan juga merupakan satu contoh hal yang menjembatani perbedaan sosial budaya yang terdapat dalam masyarakat Indonesia.

 

h) Contoh upaya manusia dalam sebuah pembangunan sosial budaya.

1) Bahasa Indonesia merupakan contoh upaya manusia dalam sebuah pembangunan sosial budaya.

2) Kegiatan seni yang bertujuan melestarikan budaya nusantara juga merupakan sebuah upaya pembangunan sosial budaya.

3) semakin terbukanya kesempatan bagi kaum wanita untuk bersekolah dan menuntut ilmu setinggi mungkin.

i) Contoh adat istiadat yang ada di beberapa daerah Indonesia :

1) Karapan sapi (Madura)

2) Upacara Kasodo, Bromo (Jawa Timur)

3) Ngaben (Bali)

4) Ritual Tiwah (kalimantan Tengah)

5) Rambu Solo (Toraja)

6) Pasola (Sumba)

7) Atraksi Debus (Banten)

8) Tabuik (Sumatera Barat)

9) Brobosan (Jawa)

g) Setiap tradisi tersebut memiliki makna masing-masing, misalnya uapaca Brobosan dari daerah Jawa memiliki makna sebagai berikut :

• Brobosan yang mempunyai arti menerobos ini dilakukan ketika upacara kematian. Sebelum jenazah di bawa ke kuburan, biasanya para keluarga terdekat melakukan tradisi brobosan. Hal ini dipercaya agar keluarga yang ditinggalkan melupakan kesedihan dan menjadi bentuk penghormatan terakhir kepada mendiang.

h) .Nilai-nilai kebersamaan dalam keragaman sosial dilingkungan tempat tinggal diantaranya :

1) Saling menghargai antar sesama

2) Bergotong royong antar sesama

3) Menolong jika sesama memerlukan

4) Saling bekerja sama antar sesama

 








0 komentar:

Posting Komentar