Tema 5 subtema 3 SBdP ( kriya anyam)

 Assalamu’alaikum Warrahmatulloh Wabarokatuh 

Hai Shobat ceria😇😇. Apa kabar semua? 

Mari ngaji duluuu 😊😊😊



Tujuan Pembelajaran :

1. siswa memahami berbagai karya seni rupa nusantara

2. Siswa membuat seni kriya anyam


Karya Seni Rupa Nusantara

Karya seni rupa adalah benda seni yang dibuat dari pengolahan titik, garis, bidang,

bentuk, volume, warna, dan tekstur sehingga dapat ditangkap oleh mata dan dirasakan

melalui rabaan. 

Berdasarkan fungsinya, karya seni rupa dibagi menjadi dua, yaitu:

1.  Senirupa murni  adalah karya seni yang dibuat untuk dinikmati keindahannya atau unsur estetikanya saja tanpa mempertimbangkan fungsinya. Contoh antara lain lukisan, patung, dan keramik.

2. Seni terapan adaah  karya seni rupa yang memperhatikan fungsi dari benda seni tersebut. Contoh : Rumah adat, arsitektur bangunan, senjata tradisional, dan seni kriya.

Seni Kriya seni kriya adalah karya seni yang dihasilkan dengan keterampilan tangan manusia. Karya tersebut memperlihatkan nilai estetika atau keindahan dan juga bisa berfungsi. Seni kriya juga bisa disebut sebagai kerajinan tangan.

Seni kriya berupa anyaman dapat dengan mudah kita temukan di sekitar kita. Ada banyak bahan yang dapat dimanfaatkan sebagai bahan pembuat anyaman, seperti bambu, daun pisang, atau kertas. Jika kita dapat menyusun bahan-bahan anyaman yang kita gunakan dengan baik, kita juga akan mendapat hasil anyaman yang unik.

Kita dapat membuat anyaman tunggal ataupun anyaman ganda. Anyaman tunggal biasanya terbuat dari bahan yang sama dan dengan ukuran bahan anyaman yang sama. Anyaman tunggal adalah cara membuat anyaman yang paling sederhana. Anyaman ganda lebih banyak memiliki variasi pola. Berikut contoh pola anyaman tunggal dan anyaman ganda.

anyaman tunggal





Contoh kriya anyam




Buatlah  1 keranjang dari koran atau kalender bekas  
dikumpuklan sebelum Ujian Semester 1

 Alhamdulillah telah selesai pembelajaran hari ini,  mari kita akhiri dengan berdoa agar apa yang kita lakukan di ridhai Alloh.



Semoga ilmunya bermanfaat, salam sehat dan tetap semangat.

Wassalamualaikum Warrahmatullohi Wabarokatuh.

0 komentar:

Posting Komentar