TEMATIK KELAS 5 TEMA 5 SUBTEMA 1 MUATAN IPS

  Assalamu’alaikum Warrahmatulloh Wabarokatuh 

Hai Shobat ceria😇😇. Apa kabar semua? 


Pada pembelajaran kali ini diharapkan kalian mampu :
1.      Siswa mampu mengenali letak dan luas Indonesia melalui peta secara benar.                    2.    Siswa mampu mengenal kondisi geografis Indonesia melalui peta.

Mengenal Letak Geografis Indonesia

    Letak geografis merupakan letak suatu daerah atau negara dilihat dari kenyataan di permukaan bumi. Letak geografis sebuah daerah atau negara dibatasi oleh letak geografis daerah atau negara lain yang berbatasan.  Indonesia terletak di antara dua benua, yaitu Benua Asia dan Benua Australia. Demikian juga Indonesia terletak di antara dua samudra, yaitu Samudra Pasifik dan Samudra Hindia. Indonesia berbatasan langsung dengan beberapa negara seperti Malaysia, Singapura, Filipina, Vietnam, Papua Nugini, dan Australia. Letak geografis Indonesia dianggap strategis karena menjadi tempat persilangan antara dua benua dan dua samudra.  Negara Indonesia merupakan negara kepulauan. Terdapat lebih dari 17.000 pulau berukuran besar dan kecil berada di wilayah Indonesia. Dari sejumlah pulau tersebut, sekira 6.000 pulau tidak berpenghuni. Beberapa pulau besar di Indonesia antara lain Pulau Jawa, Kalimantan, Sumatera, Sulawesi, dan Papua. Sementara itu beberapa pulau kecil  yang berada di wilayah Indonesia antara lain Pulai Nias, Siberut, Bangka, Belitung, Madura, Bali, Lombok, Flores, Ambon, dan Halmahera.  Wilayah negara Indonesia membentang dari Sabang di barat hingga Merauke di sebelah timur, terdiri atas daratan dan perairan. Luas daratan Indonesia adalah 1.922.570 km2. Luas perairan Indonesia adalah 3.257.483 km2.  
Ayo Mengamati!

    Indonesia memiliki kondisi geografis yang unik di antara negara-negara yang ada di kawasan Asia Tenggara. Perhatikan dengan saksama peta Indonesia. Bentuk negara yang terdiri atas pulau-pulau seperti Indonesia, disebut negara kepulauan. Negara kepulauan merupakan salah satu ciri dari negara maritim. Negara maritim adalah negara yang memiliki luas laut lebih besar dibandingkan dengan luas daratan yang terdiri atas pulau-pulau.  Oleh karena itu, penduduk yang tinggal di negara maritim banyak memanfaatkan sumber daya kelautan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.
        Selain sebagai negara kepulauan dan maritim, berdasarkan kondisi geografisnya, Indonesia juga merupakan negara agraris. Negara agraris adalah negara yang sebagian besar penduduknya bekerja sebagai petani yang mengolah lahan pertanian. Sebagai negara agraris, tentu saja negara Indonesia memiliki lahan subur yang sangat cocok untuk pertanian dan perkebunan. Perhatikan kembali peta Indonesia tersebut. Jika diperhatikan, negara Indonesia memiliki banyak sekali gunung berapi yang masih aktif. Abu vulkanik gunung berapi dapat menyuburkan tanah yang berada di sekitarnya. Tanah yang subur merupakan sumber daya alam yang penting untuk pertanian dan perkebunan. Keberadaan negara Indonesia sebagai negara tropis juga sangat menguntungkan.  Adanya dua musim, yaitu musim kering atau musim kemarau dan musim basah atau musim hujan membantu para petani dan nelayan Indonesia untuk bekerja. Kekayaan laut dan pertanian merupakan sumber daya andalan Indonesia.


Shobat Ceria dapat membuat peta untuk lebih memahami letak geografis Indonesia. Saat
membuat peta, kamu perlu memperhatikan unsur-unsur peta sebagai berikut: 
a. Judul peta, menunjukkan isi yang akan digambarkan dalam peta, biasanya terletak di bagian atas.
b. Skala peta, angka yang menunjukkan perbandingan antara jarak sesungguhnya dan jarak yang ada pada peta.
C. Simbol peta, lambang gambar atau warna yang digunakan untuk memberi tanda objek yang terdapat pada suatu wilayah.
d. Legenda, keterangan dari simbol-simbol yang digunakan pada peta yang mewakili kenampakan alam atau objek yang digambarkan.
e. Inset, berbentuk peta kecil yang disisipkan untuk memperjelas salah satu bagian dari peta atau menunjukkan lokasi yang penting, tetapi kurang jelas dalam peta.
f. Garis astronomis, garis khayal di permukaan bumi yang terdiri dari garis lintang (mendatar) dan garis bujur (tegak). Garis astronomis berguna untuk mengetahui posisi suatu objek pada peta utama.
g. Garis tepi, garis yang digunakan untuk membatasi ruang peta, biasanya berbentuk segi empat.
h. Petunjuk arah/arah mata angin, berfungsi sebagai penunjuk arah mata angin, yaitu utara, timur laut, timur, tenggara, selatan, barat daya, barat, dan barat laut.

https://jagoanilmu.net/wp-content/uploads/2018/05/13-Komponen-Komponen-pada-Peta-dan-Fungsinya-1-1280x720.jpg

Kenampakan Alam pada Peta Selain letak geografis, kamu dapat mengetahui kenampakan alam sebuah daerah pada peta. Dengan mengetahui kenampakan alamnya, kamu dapat menentukan potensi sumber daya alam yang tersedia dan mata pencarian penduduk di sekitarnya. Kenampakan alam yang terdapat pada peta antara lain samudra atau laut, sungai, danau, rawa, sungai, gunung, dataran rendah, dan dataran tinggi. Kenampakan alam akan berpengaruh terhadap mata pencarian warganya. Misalnya, penduduk di daerah dataran tinggi biasanya bermata pencarian sebagai petani sayuran. Penduduk yang berada dekat dengan laut bermata  pencarian sebagai nelayan atau berwirausaha di bidang pariwisata


https://ilmugeografi.com/wp-content/uploads/2019/03/97e79aae-legenda-peta-geologi.jpg

Alhamdulillah telah selesai pembelajaran hari ini,  mari kita akhiri dengan berdoa agar apa yang kita lakukan di ridhai Alloh.



Semoga ilmunya bermanfaat, salam sehat dan tetap semangat.

Wassalamualaikum Warrahmatullohi Wabarokatuh.

Tantangan :
Buatlah gambar peta indonesia kemudian presentasikan dalam bentuk vidio 



0 komentar:

Posting Komentar