Lemak dan Uji lemak kelas V SD

 Assalamu’alaikum Warrahmatulloh Wabarokatuh 

Mari kita awalai pagi ini dengan berdo'a 

Hai Shobat ceria😇😇. Apa kabar semua? 

Adakah dari kalian yang merasa gendut ? 😀😀😀😀😀😀

Kira - kira kenapa yaaa ?

atau pernah ada saudara yang terkena stroke ?

mengapa ?

yaa....

beberapa hal yang menyebabkan gendut atau stroke adalah lemak.

lemak bermanfaat bagi tubuh, namun ada juga lemak jenuh yang berbahaya.

Pengertian 

Lemak adalah salah satu kelompok yang termasuk pada golongan lipid, yaitu senyawa organik yang terdapat di alam serta tidak larut dalam air, tetapi larut dalam pelarut organik non-polar. Lemak terdapat pada hampir semua bahan pangan dengan kandungan yang berbeda-beda. Lemak hewani mengandung banyak sterol yang disebut kolesterol, sedangkan lemak nabati mengandung fitostersol dan lebih banyak mengandung asam lemak tak jenuh sehingga umumnya berbentuk cair. Lemak juga merupakan sumber energi yang lebih efektif dibanding dengan karbohidrat dan protein. Satu gram lemak dapat menghasilkan 9 kkal, sedangkan karbohidrat dan protein hanya menghasilkan 4 kkal/gram. 

Fungsi Lemak 

  1. Perlindungan, lemak penting untuk melindungi tubuh kita, untuk membantu mengatur suhu tubuh, dan melindungi kita dari hawa yang sangat panas dan dingin. Fungsi tubuh, lemak tubuh penting untuk menjalankan fungsi tubuh dengan sehat dan normal.
  2. Penyerapan vitamin, lemak berfungsi sebagai pengangkut vitamin A, D, E, dan K yang mudah larut dalam lemak. Tanpa lemak tubuh, Anda bisa kekurangan vitamin yang dapat menyebabkan timbulnya penyakit.
  3. "Peredam kejut" pribadi, lemak adalah mekanisme bantalan tubuh yang alami. Lemak mengelilingi dan melindungi organ-organ vital, dan menjaga sendi-sendi. Bahkan atlet pun memerlukan lemak untuk melindungi tubuh mereka dari cedera yang potensial dialami saat bertanding. 
  4. Struktur sel, kecantikan, dan pertambahan usia, lemak adalah bagian dari struktur sel-sel kita, yang penting untuk memelihara kesehatan kulit, rambut, dan kuku.  
  5. Kesuburan, lemak tubuh membantu untuk memastikan produksi hormon,  Wanita, yang memiliki lemak tubuh sangat rendah, cenderung memiliki kadar estrogen yang juga rendah. Hal ini bisa berakibat terhentinya menstruasi. Energi dan daya tahan, dengan memiliki lemak tubuh dalam kadar yang sehat, kita bisa menghindarkan diri dari penyakit dan kelelahan yang kronis.
  6. Selain itu, lemak tubuh yang rendah akan mengurangi atau menurunkan energi.

Jenis lemak :

Secara umum  ada 2 lemak yaitu :

  1.  lemak nabati 
  2.  lemak hewani. 

jenis lemak lain yang berbahaya yaitu :

1. Lemak jenuh, jenis lemak ini terutama berasal dari sumber makanan hewani, seperti daging merah, unggas dan produk susu penuh lemak. Lemak jenuh meningkatkan kolesterol lipoprotein (HDL atau "baik") densitas tinggi dan kadar kolesterol lipoprotein (LDL atau "buruk") rendah, yang dapat meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular/ jantung.

2. Lemak trans, jenis lemak ini terjadi secara alami pada beberapa makanan dalam jumlah kecil. Tetapi kebanyakan lemak trans dibuat dari minyak melalui metode pemrosesan makanan yang disebut hidrogenasi parsial. Lemak trans yang dihidrogenasi sebagian ini dapat meningkatkan kolesterol darah total, kolesterol LDL, dan kadar trigliserida, tetapi menurunkan kolesterol HDL. Ini dapat meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular .


Namun, terdapat juga beberapa lemak yang lebih sehat, antara lain: 
  1. Asam lemak tak jenuh tunggal. Jenis lemak ini ditemukan dalam berbagai makanan dan minyak. Studi menunjukkan bahwa makan makanan yang kaya asam lemak tak jenuh tunggal bukan lemak jenuh meningkatkan kadar kolesterol darah, yang dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan juga dapat membantu mengurangi risiko diabetes tipe 
  2. 2. Asam lemak tak jenuh ganda. Jenis lemak ini banyak ditemukan dalam makanan dan minyak nabati. Bukti menunjukkan bahwa makan makanan yang kaya asam lemak tak jenuh ganda bukan lemak jenuh meningkatkan kadar kolesterol darah, yang dapat menurunkan risiko penyakit jantung dan juga dapat membantu mengurangi risiko diabetes tipe 2.
  3.  Asam lemak omega-3. Salah satu jenis lemak tak jenuh ganda terutama terdiri dari asam lemak omega-3 dan mungkin bermanfaat bagi kesehatan jantung. Omega-3, ditemukan dalam beberapa jenis ikan berlemak, tampaknya mengurangi risiko penyakit arteri koroner. 
Lalu bagaimana solusi untuk mencegah agar tidak terkena lemak jahat? Caranya adalah dengan mengatur pola makan dengan makanan seimbang dan tidak berlebihan, melakukan olahraga teratur, cukup istirahat, dan menghindari stres. Oleh karena itu, mulailah menjalankan pola hidup sehat.

Agar kita tahu makanan apa saja yang mengandung lemak , yuuk mari kita adakan uji coba sederhana dengan bahan - bahan yang ada dirumahmu , antara lain :
  1. sendok
  2. kertas payung atau kertas buku ( tipis )
  3. tempat makanan
  4. air
  5. minyak goreng
  6. mentega
  7. telur ( kalau ada )
  8. kacang 
  9. jagung
  10. kemiri
  11. daging ( kalau ada )
  12. wortel
  13. santan / kelapa parut
  14. buah 
  15. seledri
bagiamana cara mengujinya ?
simak vidio berikut 
  1. setelah mengujinya, bahan apa saja yang mengandung lemak ?
Mari kita belajar hidup sehat

0 komentar:

Posting Komentar