Tema 3 Subtema 1 Kelas V Muatan Bahasa Indonesia

 Assalamu’alaikum Warrahmatulloh Wabarokatuh 

Hai Shobat ceria😇😇 dimanapun kalian berada. Apa kabar semua? Semoga shobat ceria beserta keluarga senantiasa dalam lindungan Alloh SWT. Aamiin. 

Mari sebelum kita mulai pembelajaran kali ini, kita mulai dengan berdoa terlebih dahulu.

BAHASA INDOENESIA

TEMA 3 : MAKANAN SEHAT

SUBTEMA 1 : BAGAIMANA TUBUH MENGOLAH MAKANAN?

 

Kompetensi Dasar

3.4 Menganalisis informasi yang disampaikan paparan iklan dari media cetak atau elektronik

4.4 Memeragakan kembali informasi yang disampaikan paparan iklan dari media cetak atau elektronik dengan bantuan lisan, tulis, dan visual

 

RANGKUMAN MATERI

Iklan

a) Iklan merupakan suatu pesan tentang keunggulan suatu produk atau jasa yang dibuat seseorang atau perusahaan dan ditujukan kepada masyarakat.

b) Iklan memang dimaksudkan untuk mempromosikan sesuatu kepada para penonton, pembaca iklan.

c) Iklan disampaikan kepada masyarakat melalui media cetak dan media elektronik. Misalnya : Koran, majalah, Baliho, pamflet, spanduk, radio, TV, internet, dll.

Coba kamu amati iklan-iklan berikut dengan saksama.

 

b) Iklan disajikan dengan kata kunci dan gambar, rekaman suara atau vidio yang sesuai dengan tujuan iklan.

c) Kata kunci adalah kata- kata inti pada iklan, atau kata yang digunakan sebagai kunci untuk menghubungkan ke kata lain atau informasi lain.

d) Ciri-ciri sebuah kata kunci adalah

1) Terdiri dari satu kata atau dua kata yang membentuk frase kata.

2) Mengandung kata yang unik yang terdapat dalam sebuah iklan.

3) Mewakili sebagian besar/ keseluruhan topik/ konsep/ informasi dari sebuah iklan.

e) Alasan memilih kata tersebut sebagai kata kunci iklan karena kata tersebut mewakili sebagian besar topik iklan

 

Isi Iklan Media Cetak

a) Untuk membuat iklan yang baik dan menarik ada beberapa hal yang harus diperhatikan sehingga iklan akan efektif dan memberikan manfaat terhadap produk yang ditawarkan.

b) Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam membuat sebuah iklan, antara lain sebagai berikut.

1. Kalimatnya singkat dan jelas.

• Contoh pada headline atau kepala pesan iklan.

• Headline ini berfungsi untuk menarik perhatian awal pembaca.

• Headline yang menarik dapat menahan mata untuk berhenti sejenak melihat produk yang ditawarkan.

• Ciri-ciri headline antara lain sebagai berikut: Tulisan menonjol, baik dari segi ukuran maupun warna,

• Umumnya kalimat headline pendek, bahkan satu kata saja bisa menarik perhatian. Berisi kalimat atau kata yang mengandung kesan kuat sehingga menarik minat perhatian masyarakat.

2. Bahasanya mudah dipahami dan menarik

• Sajikan iklan dengan bahasa yang mudah dipahami, karena kemampuan masing-masing dalam memahami arti bahasa berbeda-beda.

• Bahasa harus menarik karena suatu iklan dengan bahasa yang baik akan lebih menarik.

3. Tulisan dan gambarnya menarik

• Penggunaan warna pada tulisan dan gambar harus diperhatikan,

• contohnya warna merah memberi kesan berani.

• Warna diyakini mempunyai dampak psikologis terhadap manusia.

• Dampak tersebut dapat dipandang dari berbagai macam aspek, baik panca indera aspek budaya.

 

c) Unsur-unsur iklan yang efektif. mengandung hal-hal berikut ini:

1) Attention (perhatian). Iklan yang baik harus dapat menarik perhatian masyarakat umum.

2) Interest (minat). Setelah mendapat perhatian, maka harus ditingkatkan menjadi minat sehingga timbul rasa ingin tahu secara rinci dalam diri konsumen.

3) Desire (keinginan). Suatu cara utuk menggerakkan keinginan suatu konsumen.

4) Conviction (rasa percaya). Untuk mendapatkan rasa percaya dalam diri konsumen, maka sebuah iklan harus ditunjang berbagai kegiatan peragaan seperti pembuktian atau sebuah kata-kata.

5) Action (tindakan). Tindakan merupakan tujuan akhir dari produsen untuk menarik konsumen agar membeli atau menggunakan produk dan jasanya.

 

Unsur- Unsur Iklan dan Ciri-Ciri Bahasa Iklan Media Cetak

a) Iklan adalah pemberitahuan mengenai suatu barang atau jasa kepada masyarakat umum.

b) Tujuan iklan supaya orang tertarik untuk membeli dan menggunakan barang atau jasa yang ditawarkan.

c) Iklan dapat disampaikan melalui media cetak, audio, dan elektronik.

d) Berdasarkan media yang digunakan iklan dapat dikelompokkan menjadi iklan media elektronik dan iklan media cetak.

e) Iklan cetak adalah iklan yang penyebarannya dilakukan melalui media cetak.

f) Contoh iklan cetak antara lain; poster, spanduk, baliho, reklame, iklan baris di koran, flyer atau selebaran.

g) Iklan elektronik adalah iklan yang penyebarannya melalui media elektronik.

h) Contoh dari iklan elektronik antara lain; iklan di TV, iklan di radio, iklan di Internet.

i) Iklan di internet ini terbagi menjadi beberapa jenis, antar lain; banner, iklan baris, straming dll.

 

j) Unsur-unsur iklan media cetak

1) Nama produk.

Nama produk merupakan nama dari barang atau jasa yang akan ditawarkan,

2) Gambar produk.

• Gambar produk menampilkan produk barang yang akan ditawarkan.

• Gambar dapat berupa produk yang ditawarkan atau dapat berupa orang yang menggunakan produk tersebut.

3) Kalimat iklan.

• Kalimat iklan biasanya kalimat yang bermaksud membujuk dan meyakinkan calon pengguna barang/jasa.

• Tulisan yang singkat dan mudah terlihat, sebagai penjelasan dari produk.

4) Keunggulan produk.

Pada bagian ini keungulan produk yang ditawarkan dijelaskan.

5) Harga produk.

Biasanya harga produk yang ditawarkan juga disertakan dalam sebuah iklan.

6) Nomor telepon pengiklan.

Nomor ini biasanya disertakan dalam iklan agar calon pembeli dapat menghubungi pengiklan.

7) Alamat pengiklan

k) Iklan yang baik tentu harus menggunakan bahasa yang baik.

l) Agar dapat menarik perhatian khalayak,

iklan dalam media cetak memiliki ciri-ciri bahasa sebagai berikut.

1) Menggunakan bahasa yang singkat, padat, dan jelas.

2) Menggunakan bahasa yang memikat dan memiliki daya sugesti.

3) Menggunakan kata konotasi positif.

4) Isinya bersifat objektif, jujur, singkat, jelas, dan menarik.

m) Teks iklan adalah sebagai pesan yang menawarkan suatu produk yang ditujukan oleh suatu masyarakat lewat suatu media. Namun, untuk membedakannya dengan pengumuman biasa, iklan lebih diarahkan untuk membujuk orang supaya membeli.




Alhamdulillah, semua tahapan pembelajaran hari ini sudah kita lalui dengan baik. Semoga ilmu hari ini bisa menambah wawasan kita dan bermanfaat bagi kehidupan kita semua yah. Mari kita tutup kegiatan belajar pada hari ini dengan membaca do’a sesudah belajar.

Wassalamulaikum Warrahmatulloh wabarokatuh 


1 komentar: